Rabu, 01 Februari 2017

contoh percakapan konseling tugas psikologi konseling


Image result for gambar konseling individu
Contoh percakapan konseling

Konseli            : (tok,tok,tok)

Konselor          : silakan masuk... (sambil melihat ke arah pintu)

Konseli            : Selamat pagi Bu

Konselor          : Selamat pagi Eka, mari silakan duduk

Konselor          : Wah, Ibu sangat senang sekali bertemu dengan Eka, Eka bagaimana kabarnya ? (attending ramah, senyum, kontak mata, dan badan agak membungkuk ke arah klien)

Konseli            : tidak baik bu (diam, menyimpan perasaan tertentu, melihat ke bawah dan   tidak menatap konselor)

Konselor          : Kalau Ibu boleh tau kenapa kabarnya Eka tidak baik ?

Konseli            : Entahlah Bu, saya merasa sangat bingung dan sedih

Konselor          :  apakah perasaan tidak enak atau yang mengganggu perasaan mu itu bisa di bicarakan bersama ? ( bertanya terbuka, perasaan)

Konseli            : Ya bu saya pikir juga begitu (sambil memandang konselor, kemudian menunduk lagi)

Konselor          : Hhhmmm...Bisakah Eka jelaskan ?

Konseli            :Ya Bu, saya akan menceritakannyapada ibu supaya perasaan saya ni bias lebih lega , .

Konselor:      tentu saja eka ibu akan coba untuk membantu km sebisa ibu untuk memecahkan masalah km asalkan km mau jujur dan terbuka sama ibu,kalau  begitu Ibu ingin mendengarkan sejauh mana perasaan tidak enak yang mengganggu Eka

Konseli;  tentu saja bu saya akan jujur dan terbuka dengan ibu.Begini Bu..(bingung dan ragu) “Saya merasa tidak percaya diri ketika tampil di depan orang banyak apalagi ketika saya presentasi di depan kelas.

Konselor          : Lalu bagaimana? (eksplorasi perasaan, bertanya terbuka)

Konseli            : Setiap saya tampil di depan kelas saya pasti gugup dan bingung bu: Saya gemetar ketika tampil di depan kelas bu. Saya juga merasa tidak percaya diri saat akan menjawab pertanyaan dari dosen,  ini yang menyebabkan saya jarang bicara dan berpendapat ketika dosen mengajar di kelas

.                       Konselor         : Ya bagus sekali Eka sudah memahami masalah yang Eka alami, yaitu bagaimana Eka bisa presentasi dan tidak gugup dalam menjawab pertanyaan dosen.

Konseli            : Ya bu, Saya sangat ingin sekali bisa tampil percaya diri di depan kelas, tapi rasanya sulit sekali. (berharap dan kebingungan)

Konselor          : Bagus sekali keinginan Eka, Ibu sangat senang sekali mendengarnya. Lalu apakah Eka sudah punya cara untuk mengatasi masalah Eka tentang tidak percaya diri presentasi dan gugup menjawab pertanyaan dosen ?

Konseli            : Saya masih bingung Bu (diam)

Konselor          : Apa yang membuat Eka merasa bingung ?

Konseli            : Saya takut jika nanti saya salah saat menjawab pertanyaan dosen atau ketika presentasi saya takut nanti saya di tertawakan oleh semua teman-teman

Konselor          : Apakah Eka sudah berusaha melakukan yang terbaik ?

Konseli            : Rasanya belum Bu.

Konselor          : Jika mencobanya saja Eka belum, lalu kenapa Eka bisa berpikiran negatif seperti itu ?



Tahap Akhir konseling (tahap mengambil tindakan)

Konseli            :  Nah itu yang saya tidak mengerti bu (bingung dan berpikir).

Konselor          : Baiklah, apa kira-kira rencana mu sementara sebagai pegangan untuk tindakan selanjutnya

Konseli            : , saya akan berlatih dan belajar dulu tentang materi yang akan saya presentasikan,dan juga tidak lupa   saya akan berdoa dulu sebelum tampil agar saya merasa lebih tenang. Saya rasa itu yang akan saya saya lakukan Bu.

Konselor          : Bagus, Eka sudah tahu apa yang harus Eka lakukan. Sebelum pembicaraan ini kita tutup, bagaimana perasaan mu setelah kita berdiskusi, atau apakah kesimpulan anda ?

Konseli            : Saya merasa lega dan lebih tenang selelah melakukan konseling. Kecemasan dan ketakutan yang saya alami mulai menurun dan juga saya tahu langkah-langkah apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi rasa tidak percaya diri saya ini.

Konselor          : bagus eka ibu senang mendengar klo eka sudah merasa lega .setelah melakukan konseling, jadi kesimpulannya adalah Pertama, Eka akan berlatih dan belajar dulu tentang materi yang akan Eka presentasikan dan akan berdoa dulu sebelum presentasi. Apakah Eka yakin akan melakukan itu ?

Konseli            : Ya Bu saya yakin.

Konselor          : baiklah ibu sangat senang dengan keyakinan km itu.mudah-mudah km bias berhasil dan km harus tetap percaya pada diri sendiri  dan Apakah masih ada yang akan Eka sampaikan?

Konseli            : Tidak Bu, saya kira cukup.

Konselor          : baiklah kalau begitu kita akhiri pembicaraan ini dan ibu sangat berterimakasi karna km mau dating ke ruangan ibu untuk menceritakan masalah km,lain kali kalau km ada masalah lgi jangan ragu-ragu untuk dating menemui ibu

Konseli            : Sama-sama Bu.saya jga berterima kasi pada ibu karena sudah mau mendengarkan masalah saya.kalau begitu saya pamit dulu bu, selamat siang

Konselor ;iya sama- sama nak itu sudah kewajiban ibu sebagai guru bk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar